SELAMAT DATANG DI WEB BLOG DINKES KAB MELAWI

Minggu, 02 Desember 2012

Status Gizi Masyarakat 2009


Status Gizi Masyarakat


Pembangunan kesehatan merupakan upaya memenuhi salah satu kebutuhan dasar rakyat yaitu hak rakyat untuk memperoleh akses atas kebutuhan pelayanan kesehatan. Pembangunan kesehatan juga harus dipandang sebagaisuatu investasi dalam kaitannya untuk mendukung peningkatan kualitas untuk sumber daya manusia dan pembangunan ekonomi, serta memiliki peran penting dalam upaya penanggulangan kemiskinan.

Status Gizi Masyarakat di Kabupaten Melawi tahun 2009 dapat dilihat dari tabel 15 yaitu Kunjungan Neonatus (K2N) mencapai 114,20%dari total K2N sebesar 2.381 orang dibagi jumlah keseluruhan kunjungan neonatus sebesar 2.085 orang. Berikut dapat dilihat dari grafik 10 sebagai berikut :

Dari hasil pengumpulan data di fasilitas pelayanan kesehatan proporsi Berat Badan Bayi Lahir Rendah (BBLR) pada tahun 2009 berdasarkan grafik 11 dapat dilihat dari jumlah bayi lahir hidup sebanyak 2.349 bayi ditimbang 97,91% terdapat BBLR sebesar 0,17% yang ditangani seluruhnya. Terjadi peningkatan angka BBLR dibandingkan tahun 2008 yaitu sebesar 0,16%. Dimana angka di atas belum dapat dikatakan sebagai kondisi sebenarnya yang ada di masyarakat, karena belum semua berat badan bayi yang dilahirkan dapat dipantau oleh petugas kesehatan, khususnya persalinan yang ditolong oleh dukun atau tenaga non kesehatan lainnya.