SELAMAT DATANG DI WEB BLOG DINKES KAB MELAWI

Sabtu, 08 Desember 2012

Situasi Derajat Kesehatan 2010

SITUASI DERAJAT KESEHATAN

Dalam menilai derajat kesehatan masyarakat, terdapat beberapa indikator yang dapat digunakan. Indikator-indikator tersebut pada umumnya tercermin dalam kondisi morbiditas, mortalitas, dan status gizi. Pada bagian ini, derajat kesehatan masyarakat di Indonesia digambarkan melalui Angka Kematian Bayi (AKB), Angka Kematian Balita (AKABA), Angka Kematian Ibu (AKI), dan angka morbiditas beberapa peyakit.

Derajat kesehatan masyarakat juga dipengaruhi oleh banyak faktor. Faktor-faktor tersebut tidak hanya berasal dari sektor kesehatan seperti pelayanan kesehatan dan ketersediaan sarana dan prasarana kesehatan, melainkan juga dipengaruhi faktor ekonomi, pendidikan, lingkungan sosial, keturunan dan faktor lainnya.

Upaya kesehatan yang dilaksanakan harus bersifat komprehensif, hal ini berarti bahwa upaya kesehatan harus mencakup upaya preventif / promotif, kuratif, dan rehabilitatif.  Dengan berbagai upaya di atas, diharapkan peran pemerintah sebagai pembuat regulasi, dan pelaksana pembangunan dapat dilaksanakan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Tercapainya derajat kesehatan masyarakat dan keluarga berkualitas yang optimal secara nasional memiliki indikator dengan rendahnya angka kematian ibu melahirkan (AKI), angka kematian bayi (AKB), meningkatnya umur harapan hidup masyarakat ,rendahnya kasus kesakitan dan kematian yang disebabkan penyakit menular serta terkendalinya pertumbuhan penduduk dengan senantiasa meningkatnya keluarga berkualitas.
   
Gambaran derajat kesehatan masyarakat Kabupaten Melawi, berikut ini disajikan dalam situasi Mortalitas, Morbiditas dan Status Gizi Masyarakat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar