SELAMAT DATANG DI WEB BLOG DINKES KAB MELAWI

Kamis, 06 Desember 2012

Angka Kematian Ibu 2011


Angka Kematian Ibu (AKI)

Angka Kematian Ibu (AKI) juga menjadi salah satu indikator penting dalam menentukan derajat kesehatan masyarakat. AKI menggambarkan jumlah wanita yang meninggal dari suatu penyebab kematian terkait dengan gangguan kehamilan atau penanganannya (tidak termasuk kecelakaan atau kasus insidentil) selama kehamilan, melahirkan dan dalam masa nifas (42 hari setelah melahirkan) tanpa memperhitungkan lama kehamilan per 100.000 kelahiran hidup.

AKI juga dapat digunakan dalam pemantauan kematian terkait dengan kehamilan. Indikator ini dipengaruhi status kesehatan secara umum, pendidikan dan pelayanan selama kehamilan dan melahirkan. Sensitifitas AKI terhadap perbaikan pelayanan kesehatan menjadikannya indikator keberhasilan pembangunan sektor kesehatan.

AKI mengacu pada jumlah kematian ibu terkait dengan masa kehamilan, persalinan, dan nifas. Angka Kematian Ibu (AKI) di Kabupaten Melawi dari tahun 2007 sebanyak 4 kasus kematian ibu dari Angka Kelahiran Hidup, tahun 2008 sebanyak 2 kasus kematian ibu dari Angka Kelahiran Hidup, tahun 2009 sebanyak 1 kasus kematian ibu dari Angka Kelahiran Hidup. Akan tetapi pada tahun 2010 Angka Kematian Ibu meningkat dari tahun sebelumnya sebanyak 4 kasus dari Angka Kelahiran Hidup. Jumlah kematian ibu pada tahun 2011 di Kabupaten Melawi turun menjadi 3 kasus dari Angka Kelahiran Hidup. Dapat dilihat pada grafik di bawah ini.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar