SELAMAT DATANG DI WEB BLOG DINKES KAB MELAWI

Senin, 31 Desember 2012

Pertolongan Persalinan oleh Tenaga Kesehatan dengan Kompetensi Kebidanan 2011


Pertolongan Persalinan oleh Tenaga Kesehatan dengan Kompetensi Kebidanan

Periode persalinan merupakan salah satu periode yang berkontribusi besar terhadap Angka Kematian Ibu. Sedangkan dalam target MDG’s salah satu yang harus dilakukan untuk meningkatkan kesehatan ibu adalah menurunkan angka kematian ibu. Pertolongan persalinan oleh tenaga kesehatan adalah pelayanan persalinan yang aman yang dilakukan oleh tenaga kesehatan dengan kompetensi kebidanan.

Di kabupaten Melawi cakupan persalinan yang ditolong oleh tenaga kesehatan sejak tahun 2008 sampai tahun 2011.

Cakupan persalinan oleh tenaga kesehatan di kabupaten Melawi pada tahun 2011 sebesar 72,10%, belum mencapai target renstra persalinan oleh nakes tahun 2011 yang sebesar 77%. Pada grafik 11 terlihat bahwa Nanga Pinoh merupakan kecamatan dengan pencapaian tertinggi (109,3%), diikuti kecamatan Pinoh Selatan (87,3%), sedangkan Menukung merupakan kecamatan terkecil dengan pencapaian (41%).

Upaya peningkatan cakupan persalinan perlu dilakukan melalui upaya pelaksanaan program unggulan kesehatan ibu, diantaranya adalah kemitraan bidan dan dukun, peningkatan persalinan di fasilitas pelayanan kesehatan melalui jaminan program persalinan, model rumah tunggu di kecamatan, revitalisasi bidan koordinator melalui pelaksanaan supervise fasilitatif untuk peningkatan mutu dan kualitas tenaga penolong persalinan, serta Pemantauan Wilayah Setempat Kesehatan Ibu dan Anak (PWS KIA).

Persalinan yang dilakukan di sarana pelayanan kesehatan dapat menurunkan angka kematian ibu saat persalinan karena di tempat tersebut persalinan ditolong oleh tenaga kesehatan dan tersedia sarana kesehatan yang memadai sehingga dapat menangani komplikasi yang mungkin terjadi pada saat persalinan yang membahayakan nyawa ibu dan bayi.

Halaman Selanjutnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar