SELAMAT DATANG DI WEB BLOG DINKES KAB MELAWI

Minggu, 02 Desember 2012

Situasi Derajat Kesehatan 2009



SITUASI DERAJAT KESEHATAN KABUPATEN MELAWI



Situasi Derajat Kesehatan adalah gambaran utama dari beberapa indikator tentang angka kesakitan dan status gizi masyarakat. Dimana indikator yang digunakan dalam memantau derajat kesehatan seperti Angka Kematian Bayi (AKB), Angka Kematian Ibu (AKI), Angka Umur Harapan Hidup dan Prevalensi Kurang Gizi pada Anak Balita yang dapat dilihat dari tabel-tabel dalam lampiran Profil Kesehatan Kabupaten Melawi Tahun 2009 yang merupakan gambaran keberhasilan dari upaya-upaya yang telah dilakukan.

Derajat kesehatan suatu masyarakat dipengaruhi antara lain oleh empat faktor, yaitu faktor lingkungan, faktor perilaku, faktor pelayanan kesehatan, dan faktor keturunan. Tercapainya derajat kesehatan masyarakat dan keluarga berkualitas yang optimal secara nasional memiliki indikator dengan rendahnya angka kematian ibu melahirkan (AKI), Angka Kematian Bayi (AKB), meningkatnya umur harapan hidup masyarakat, rendahnya kasus kesakitan dan kematian yang disebabkan penyakit menular serta terkendalinya pertumbuhan penduduk dengan senantiasa meningkatnya keluarga berkualitas.

Kabupaten melawi mengawali langkahnya sebagai hasil pemekaran dari Kabupaten Sintang. Pada tahun kelima ini Profil Dinas Kesehatan Kabupaten Melawi menerangkan tentang situasi derajat kesehatan Kabupaten Melawi sesuai dengan Misi dan Visi Kabupaten Melawi yaitu : “Sistem Kesehatan diarahkan untuk mencapai Visi Indonesia Sehat 2010”. Artinya Profil Kesehatan ini dijadikan salah satu sarana untuk menilai pencapaian Pembangunan Kesehatan dalam rangka mencapai Visi tersebut di atas.

Gambaran derajat kesehatan masyarakat Kabupaten Melawi, berikut disajikan dalam situasi Mortalitas, Morbiditas, dan Status Gizi Masyarakat.