SELAMAT DATANG DI WEB BLOG DINKES KAB MELAWI

Selasa, 01 Januari 2013

Pelayanan Kesehatan Dasar 2010



Pelayanan Kesehatan Dasar

Sebagai salah satu dinas yang ada di jajaran lingkungan Pemerintah Kabupaten Melawi, Dinas Kesehatan Kabupaten Melawi melaksanakan tugas dan fungsinya berdasarkan kebijaksanaan yang telah ditetapkan oleh Pemerintah Kabupaten Melawi. Pelaksanaan operasional dari waktu ke waktu mengalami penyempurnaan dan penajaman yang disesuaikan dengan dinamika perubahan lingkungan strategis, kebutuhan masyarakat serta pihak-pihak yang berkepentingan (stakeholder).

Dengan semangat perubahan tersebut dilakukan secara bertahap, terencana, terarah, konsisten dan berkelanjutan sehingga dapat meningkatkan akuntabilitas kinerja yang berorientasi pada pencapaian hasil. Untuk menjawab tantangan tersebut, maka sangatlah diperlukan visi yang jelas sebagai cara pandang ke depan, kemana organisasi akan diarahkan serta target apa yang harus dicapai oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Melawi.

Upaya pelayanan kesehatan dasar merupakan langkah awal yang sangat penting dalam rangka memberikan pelayanan kesehatan pada masyarakat. Dengan pemberian pelayanan kesehatan dasar secara cepat dan tepat diharapkan sebagian besar masalah kesehatan masyarakat dapat diatasi.

Upaya perbaikan gizi masyarakat pada hakekatnya dimaksudkan untuk menangani permasalahan gizi yang dihadapi masyarakat. Beberapa permasalahan gizi sering dijumpai pada kelompok masyarakat adalah kekurangan kalori, protein, kekurangan Vitamin A, gangguan akibat kekurangan Yodium, dan anemia zat besi. Maka Dinas Kesehatan Kabupaten Melawi dalam hal ini mencoba menyikapi semua permasalahan tersebut dengan melakukan beberapa program untuk membuat Masyarakat Kabupaten Melawi menjadi Masyarakat yang sehat dan tidak kekurangan gizi.

Akses dan mutu pelayanan kesehatan di Kabupaten Melawi yang memiliki Labkes pada tahun 2010 terdata seperti dapat dilihat di tabel 43. Dalam grafik 10 ini disebutkan Kabupaten Melawi hanya memiliki 1 Rumah Sakit Umum yang terdapat Sarana laboratorium Kesehatan yaitu 9,09% dan 7 puskesmas 63.64%.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar