SELAMAT DATANG DI WEB BLOG DINKES KAB MELAWI

Selasa, 01 Januari 2013

Pelayanan Imunisasi 2011

Pelayanan Imunisasi

Imunisasi pada Anak
Pencapaian Universal Child Imunization (UCI) pada dasarnya merupakan suatu gambaran terhadap cakupan sasaran bayi yang telah mendapatkan imunisasi secara lengkap. Bila cakupan UCI dikaitkan dengan batasan wilayah tertentu, berarti dalam wilayah tersebut dapat digambarkan besarnya tingkat kekebalan masyarakat terhadap penularan PD3I.
 
Pelayanan imunisasi bayi mencakup vaksinasi BCG, DPT (3 kali), Polio (4 kali), Hepatitis B (3 kali), dan Campak (1 kali) yang dilakukan melalui pelayanan rutin di Posyandu dan fasilitas pelayanan kesehatan lainnya.

Pada tahun 2011 target desa UCI di Kabupaten Melawi adalah sebesar 85%. Sedangkan capaian desa UCI tahun 2011 adalah sebesar 77,5% sudah mendekati target yang telah ditetapkan.

Dari tahun ke tahun cakupan desa UCI di Kabupaten Melawi terus meningkat. Diharapkan capaian desa UCI di Kabupaten Melawi terus meningkat dan mencapai target yang telah ditetapkan.

Imunisasi pada Ibu Hamil
Tetanus disebabkan oleh toksin yang diproduksi oleh bakteri yang disebut Clostridium Tetani. Tetanus ini juga bisa menyerang pada bayi baru lahir (Tetanus Neonatum) pada saat persalinan dan perawatan tali pusat. Tetanus merupakan salah satu penyebab kematian bayi.

Masih banyak calon ibu di masyarakat terutama  di daerah terpencil berada dalam kondisi yang bisa disebut masih jauh dari kondisi steril pada saat persalinan. Hal inilah yang bisa menimbulkan resiko ibu maupun bayinya terkena tetanus.

Di Kabupaten Melawi tahun 2011 cakupan imunisasi pada ibu hamil TT2 sebesar 78,7%.


Halaman Selanjutnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar